Alasan Mengapa Kerajaan Sriwijaya Disebut Sebagai Kerajaan Maritim, No 4 WOW

Alasan Mengapa Kerajaan Sriwijaya Disebut Sebagai Kerajaan Maritim - Kita tentu tau bahwa berdirinya indonesia tidak lepas dari jasa para pahlawan. Namun tidak hanya pahlawan kerajaan-kerajaan yang berdiri dulu, mempunyai peranan penting. Salah satu dari kerajaan paling besar di indonesia, adalah kerajaan sriwijaya. Kerajaan Sriwijaya terletak di pulau sumatra, yang merupakan kerajaan melayu.

Kerajaan sriwijaya disebut sebagai kerajaan maritim, bukan tanpa alasan mengapa kerajaan sriwijaya dijuluki seperti itu. Terdapat beberapa alasan yang memang sangat mendukung, hal tersebut. Nah pada artikel kali ini admin akan menginformasikan kepada kamu, alasan mengapa kerajaan sriwijaya disebut sebagai kerajaan maritim. Silakan di simak dibawah ini ya;

Mengapa Kerajaan Sriwijaya Disebut Sebagai Kerajaan Maritim

Tidak Heran Mengapa Kerajaan Sriwijaya Disebut Sebagai Kerajaan Maritim, Karena Terletak di Salah Satu Sungai Terpanjang

Di tepi sungai musi, berdirilah dengan gagah kerajaan sriwijaya. Sehingg kegiatan sehari - hari mereka, tidak asing dengan kawasan perairan. Dan sungai musi juga menjadi akses, transportasi bagi mereka. Untuk kepentingan perdagangan sekaligus perluasan wilayah, mereka ( Kerajaan Sriwijaya ) menyusuri sungai tersebut dari hilir ke hulu. Dan dari lautan satu, kelautan lainntya.

Pada Masanya Kerajaan Sriwijaya, Sudah Dapat Membuat Perahu. Inilah Salah Satu Alasan

Mengapa Kerajaan Sriwijaya Disebut Sebagai Kerajaan Maritim
Ini menjadi keunggulan yang dimiliki oleh kerajaan Sriwijaya. Meskipun tidak secanggih sekarang, pada masanya perahu sederhana cukup kokoh untuk mengarungi perairan sungai musi maupun lautan. Dengan adanya perahu tersebut ekonomi masyarakat terbantu, karena mudahnya transportasi air yang dapat digunakan untuk keperluan perdagangan.

Perdagangan Menjadi Hal Utama Dalam Perekonomian Kerajaan Sriwijaya

Dalam perluasan wilayah, kerajaan Sriwijaya mampu memperluas wilayahnya dengan menguasai lokasi-lokasi strategis untuk berdagang. Sriwijaya mengusai daerah Selat Malaka, Selat Sunda, Laut Jawa, Laut China Selatan, Selat Karimata sampai ke Srilangka. Dengan kekuasaan seluas itu, tidak heran rasanya mengapa kerajaan Sriwijaya disebut sebagai kerajaan maritim.

Angkatan Laut yang Kuat, Adalah Alasan Utama Mengapa Kerajaan Sriwijaya disebut Sebagai Kerajaan Maritim

Untuk kelancaran dalam perdagangan dan keberhasilan penaklukan wilayah, tentunya tidak lepas dari peranan kekuatan angakatan laut kerajaan sriwijaya. Dengan pasukan angkatan laut yang kuat ini, kekusaannyapun meluas. Dalam sejarah dikatakan bahwa kekuasaan yang di miliki oleh kerajaan sriwijaya sampai ke Kamboja, Thailand Selatan, Semenanjung Malaya, Jawa Barat, Jawa Tengah, juga Sumatra.

Itulah beberapa alasan mengapa kerajaan sriwijaya disebut sebagai kerajaan maritim, sungguh hebat sekali bukan. Tidak heran dengan kekuatan militer dan kemampuan dalam menguasai teknologi perahu, sriwijaya dapat menaklukan banyak wilayah yang strategis dan juga menguntungkan untuk perekonomian rakyatnya.

Admin sudahi dulu pembahasan ini, semoga artikel " Alasan Mengapa Kerajaan Sriwijaya Disebut Sebagai Kerajaan Maritim " dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian, sekian dari admin. terimakasih.