√ Jawaban Untuk : Jelaskan Mekanisme Inspirasi dan Ekspirasi Pada Sistem Pernapasan Manusia

Jawaban Untuk : Jelaskan Mekanisme Inspirasi dan Ekspirasi Pada Sistem Pernapasan Manusia - Pernapasan atau bisa juga disebut sistem respirasi adalah proses dari sebuah sistem organ tubuh, yang di fungsinya untuk pertukaran gas. Dalam sistem pernapasan manusia, proses yang yang terjadi bisa melalui mulut atau hidung. Dengan cara menghirup oksigen dari udara, yang sekaligus berfungsi juga untuk mengeluarkan karbon di oksida.

Pernapasan pada manusia berpangkal pada hidung atau mulut, yang kemudian proses terakhirnya terjadi pada paru-paru. Pada sistem pernapasan manusia terdapat 2 mekanisme yaitu Inspirasi dan Ekspirasi, yang akan di jelaskan pada artikel kali ini. Biasanya soal ini diberikan di mata pelarajan biologi untuk kelas XI, langsung saja sebagai berikut.

Jelaskan Mekanisme Inspirasi dan Ekspirasi Pada Sistem Pernapasan Manusia

Soal : Jelaskan Mekanisme Inspirasi dan Ekspirasi Pada Sistem Pernapasan Manusia

Karena terdapat dua mekanisme yang harus dijelaskan maka akan di bagi dua bagian, sebagai berikut.

1. Inspirasi

Sebelum men- jelaskan mekanisme Ekspirasi pada sistem pernapasan manusia, kita akan bahas terlebih dahulu Pengertian Inspirasi dan Mekanismenya.

Inspirasi adalah proses dimana kita memasukan udara melalui hidung atau mulut, kedalam tubuh. Proses ini di sebut dengan menarik nafas, dan secara keseluruhan prosesnya di kontrol di medula oblongata. Ketika bagian ini aktif, rongga dada akan mengalami pembesaran yang disebabkan oleh kontraksi diafragma beserta otot-otot intercostal. Karena hal tersebut tekanan pada rongga pleura akan menurun.

Mekanisme Inspirasi :
  1. Otot - otot setiap tulang rusuk bagian luar akan mengalami kontraksi
  2. Kemudian volume paru-paru dan dada akan membesar, yang disebabkan karena tulang rusuk terdorong naik
  3. Proses terakhir adalah tekanan udara dari luar akan masuk ke dalam paru-paru, yang diikuti dengan berkurangnya tekanan udara yang ada di dalam paru-paru.

2. Ekspirasi

Setelah di jelaskan mengenai Inspirasi dan mekanisme -nya, sekarang silakan simak penjelasan kedua mengenai Ekspirasi pada sistem pernapasan manusia.

Jika Inspirasi adalah memasukan, maka ekspirasi adalah kebalikanya yaitu mengeluarkan. Yupss benar, proses menghembuskan nafas. Ekspirasi sangat penting sekali, karena dapat membantu membuang zat beracun karbondioksida. Juga berfungsi untuk mengeluarkan uap air, sabagai bagian dari metabolisme. Sama dengan inspirasi, kontrol pernapasan ekspirasi terdapat di medula oblongata.

Mekanisme Ekspirasi :
  1. Otot tulang rusuk bagian luar dan diafragma akan mengendur
  2. Volume paru-paru akan mengecil karena mengikuti rongga dada yang menurun.
  3. Tekanan udara di paru-paru akan menjadi lebih tinggi, dibanding udara di luar. Yang mengakibatkan udara yang ada di dalam paru-paru terdorong untuk keluar.
Jika di jelaskan mekanisme inspirasi dan ekspirasi pada sistem pernapasan manusia, kurang lebih seperti itu. Silakan jawab pertanyaan tersebut dengan jawaban di atas ya, inshaallah kamu akan mendapatkan nilai yang memuaskan hehee.

Sekian artikel " Jawaban Untuk : Jelaskan Mekanisme Inspirasi dan Ekspirasi Pada Sistem Pernapasan Manusia " admin buat, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terimakasih.