Tingkatan Pramuka Penegak, Penggalang dan Siaga

Tingkatan Pramuka Penegak, Penggalang dan Siaga - Seperti yang kalian tau pramuka adalah pendidikan di luar sekolah dan juga diluar lingkungan keluarga, atau biasa di sebut pendidikan Non-Formal. Dalam Pramuka terdapat tingkatan - tingkatan, yang diurutkan berdasarkan usia.

Ada 4 Tingkatan Pramuka yang terdiri dari Pramuka siaga yang di isi oleh anak-anak yang baru menginjak sekolah dasar dengan rentang usia 7-10 tahun. Kemudian dari usia 11-15 tahun di sebut dengan Pramuka Penggalang yang masih duduk di bangku sekolah menengah pertama. Untuk yang SMA dengan usia 16-20 tahun di sebut dengan pramuka penegak. Dan tingkatan pramuka yang terakhir adalah Pandega dengan rentang umur 21-25 tahun.

berikut ini adalah penjelasan lengkap tingkatan pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega.

Tingkatan Pramuka


Pramuka Siaga


Tingkatan ini di isi dengan anggota yang masih kecil-kecil, pada umumnya anggota pramuka siaga masih bersekolah dasar. Satuan kelompok pada pramuka siaga disebut dengan Barung. Setiap barung di isi minimal 6 anggota dan istilah untuk pemimpinnya disebut Pinrung.

Dalam tingkatan pramuka siaga ada juga istilah Perindukan. Perindukan adalah kumpulan beberapa barung. Misal Barung merah, Barung Biru dan Barung Hijau dikumpulkan maka itu yang di maksud dengan perindukan. Dan setiap perindukan dipimpin oleh Sulung, sebutan untuk pemimpin perindukan.

Baca juga penemu pramuka " Buku Baden Powell, Biodata Singkat, Hari, Istri dan Sejarahnya "

Untuk mendapatkan TKU (Tanda Kecakapan Umum), terdapat SKU (Syarat Kecakapan Umum) yang harus dipenuhi. Dalam tingkatan pramuka siaga TKU di bagi menjadi 3 tingkatan, yaitu Siaga Mula, Siaga Bantu dan Siaga Tata.

Pramuka Penggalang


Pada pramuka tingkatan ini, anggotannya berumur 11 sampai 15 tahun. Satuan kelompok Pramuka penggalang disebut regu, yang berisi 8 anggota yang dipimpin oleh pinru. Pinru adalah sebutan untuk pemimpin pasukan atau regu Pramuka Penggalang.

Sedangkan untuk istilah pengelompokan beberapa regu disebut dengan Pasukan. Dan pemimpinya di sebut dengan Pratama, yang kepanjangannya Pemimpin Regu Utama.

Untuk pengelompokan regu, Putri dan Putra dipisahkan dan tidak diperbolehkan satu regu. Untuk penamaanya sendiri Regu Putra biasanya menggunakan nama hewan untuk nama regunya, seperti regu harimau, regu singa dan lainnya. Kalau regu Putri mengmbil nama-nama bunga, seperti regu mawar, bunga melati dan lainnya.

baca juga " Materi Tingkatan dan Kode Kehormatan Pramuka Penggalang "

Sama dengan Pramuka siaga, TKU Pramuka Penggalang juga di bagi menjadi beberapa kelompok. Jika siaga di bagi menjadi 3 tingkatan, pramuka penggalang di bagi menjadi 4 tingkatan, yaitu Penggalang Ramu, Rakit, Terap dan terakhir Garuda. Untuk mencapai setiap TKU anggota harus memenuhi terlebih dahulu Syarat kecakapan umum setiap tingkatan.

Pramuka Penegak


Tingkatan Pramuka ketiga adalah pramuka penegak, yang umur anggotanya berkisar 16 sampai dengan 20 tahun. Satuan kelompok Pramuka Penegak disebut Sangga yang dipimpin oleh Pinsa sebutan untuk pemimpin Sangga. Satu sangga berisi 6 sampai 8 anggota penegak. Dan sebutan pengelompokan untuk beberapa sangga disebut dengan ambalan yang istilah nama pemimpinya disebut Pradana.

Baca Juga - Pengertian Dasa Darma Pramuka dan Tri Satya Lengkap

Nama sangga biasanya di ambil dari nama tokoh pewayangan, pahlawan, istilah daerah dan lainya yang mempunyai makna sendiri untuk sangga. Pramuka penegak mempunyai 2 tingkatan yaitu Pramuka Penegak Bantara dan Pramuka Penegak Laksana.

adapun istilah penegak tamu, sebutan itu diberikan kepada pramuka penegak yang belum mempunyai tanda pengenal pramuka penegak bantara.

Pramuka Pandega


Pandega adalah yang terakhir dalam tingkatan pramuka. Rata-rata umur anggota Pramuka pandega adalah 21 tahun sampai dengan 25 tahun.

Istilah kelompok pramuka pandega adalah reka. Pramuka pandega dikumpulkan dalam gugus depan yang disebut dengan Racana. Racana sendiri di dikelola oleh seorang ketuan dan dewan racana.

Untuk penamaan Racana, anggota pramuka pandega mamakai nama yang mewakili watak dan karakter tiap individu.

Sekian panjelasan tentang " Tingkatan Pramuka Penegak, Penggalang dan Siaga " ini saya buat, semoga bermanfaat. Terimakasih.
Loading...
Loading...
Loading...