Sandi AN, Kotak, Rumput Dll Sulit ? Mudah, Begini Caranya !!

Sandi AN, Kotak, Rumput Dll Sulit ? Mudah, Begini Caranya !! - Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari yang namanya komunikasi. Baik dengan berbicara, menelpon, melalui surat dan lain sebagainya. Namun ada juga cara komunikasi yang hanya akan di mengerti oleh orang-orang tertentu, yaitu komunikasi melalui sandi. Komunikasi sandi ini di gunakan dalam berbagai organisasi salah satunya Pramuka.

Dalam pramuka terdapat banyak sekali jenis sandi. Salah satu dari sekian banyaknya sandi yang digunakan adalah sandi AN, Kotak, Rumput, Angka, Jam, dan Marenggos. Dari ke 6 sandi yang telah disebutkan diatas mari kita bahas satu persatu.

Baca Juga - Arti, Makna Pada Lambang Gerakan Pramuka Indonesia dan Dunia

Sandi AN

Untuk membuat atau memecahkan sandi AN caranya sangat mudah. Tentu kita semua tahu huruf alfabet terdiri dari 26 karaker, untuk membuat sandi AN ini teman tinggal membagi 2 huruf alfabet dalam 2 baris dan 13 kolom.


Jika sudah membuat seperti contoh diatas, teman teman tinggal mencocokan sandi yang diberikan. Caranya dengan membalik-balik huruf tersebut contoh, kita di berikan tugas untuk memecahkan sandi CENZHXN.

Kita lihat pasangan dari huruf C. C berpasangan dengan P, kemudian E berpasangan dengan R, N berpasangan dengan A, dan seterusnya sampai dengan huruf terakhir. Jika sudah ditemukan semua pasangan huruf dari sandi CENZHXN, maka akan terpecahkan isi dari sandi tersebut menjadi kata PRAMUKA.

Untuk membuatnya kita hanya perlu menulis pasangan huruf dari kalimat kita yang akan dijadikan sandi AN

Sandi AN juga bisa diubah menjadi sandi AZ, kita hanya perlu mengubah susunan huruf nya saja, untuk memecahkan dan membuatnya sama saja dengan sandi AN.

Sandi Angka

Sandi angka mulai dipelajari dan dijadikan bahan soal untuk menguji anggota pramuka tingkatan siaga. Jadi bisa diikatakan sandi angka ini mempunyai tingkat kesulitan yang mudah. Untuk membuat dan memecahkan sandi angka ini teman hanya perlu mengubah setiap huruf alfabet menjadi angka. Kuncinya adalah angka yang dimulai dari huruf A.


Contohnya huruf A dimulai dengan angka 1, kemudian B angka 2, dan huruf C adalah 3 dan seterusnya sampai huruf alfabet terakhir yaitu Z. Untuk variasi sandi angka ini banyak sekali yang bisa dikembangkan, misalnya ingin memggunakan angka kelipatan 2, angka yang ditambah 5 dan lain sebagainya.

Baca Juga - Mengenal Pusaka dan Sandi Ambalan Penegak + Contoh

Sandi Marengos

Cara kerja dari sandi ini sama saja dengan Sandi Angka, hanya saja tidak semua huruf di ganti dengan angka. Hanya huruf yang ada dalam kata MARENGOS saja yang diganti dengan angka mulai dari 2 sampai dengan 9. Dan huruf yang lainnya dibiarkan dengan huruf asli.

M = 2
A = 3
R = 4
E = 5
N = 6
G = 7
O = 8
S = 9

Sandi : P432UK3I

Isi dari sandi : PRAMUKA

Sandi Jam

Sandi ini salah satu sandi paling populer yang paling banyak digunakan, dalam kegiatan pramuka. Jika sandi angka menggunakan Angka untuk mengganti huruf alfabet, maka dalam sandi jam huruf alfabet di ubah dengan satuan jam.

Untuk membuat sandi jam kita harus mengetahui kuncinya yaitu jam pertama dan perubahan waktunya, misalnya Huruf A dimulai dari jam 02.00 dan setiap bertambah setiap 10 menit berlanjut pada huruf selanjutnya. Untuk lebih lengkapnya seperti dibawah

A = 02.00
B = 02.10
C = 02.20
D = 02.30
F = 02.40
G = 02.50
H = 03.00
I = 03.10
J = 03.20
K = 03.30
L = 03.40
M = 03.50
N = 04.00
O = 04.10
P = 04.20
Q = 04.30
R = 04.40
S = 04.50
T = 05.00
U = 05.10
P = 05.20
W = 05.30
X = 05.40
Y = 05.50
Z = 06.00

Contoh kita ingin menulis nama ALDO maka penulisan sandi jamnya adalah 02.00 + 03.40 + 02.30 +04.10.

Sandi Rumput

Ini dia yang paling sering dianggap susah, sandi rumput ini NJILIMET banget pak!! Padahal asal kita sudah tahu dasarnya sandi rumput ini tergolong mudah. Sandi rumput ini merupakan turunan dari sandi Morse yang terdiri dari sebuah garis ( - ) dan titik ( . ). Jadi kita harus menguasai sandi morse terlebih dahulu untuk membaca maupun membuat sandi rumput. untuk mempelajari sandi morse silakan baca diartikel Macam-Macam Sandi Pramuka

jika sudah paham dengan sandi morse mari kita belajar membaca dan membuatnya. Seperti yang kalian lihat di atas adalah sandi Morse, untuk mengubahnya menjadi sandi rumput sobat tinggal mengubah titik ( . ) atau garis strip ( - ) menjadi sebuah gambar rumput yang panjang dan pendek. Contohnya huruf B dalam sandi morse adalah 1 strip dengan 3 titik ( -... ) maka gambar dari sandi rumput adalah gambar rumput panjang satu dan rumput pendek 3, untuk lebih jelasnya bisa di lihat pada gambar.


Sandi Kotak

Jika dilihat sekilas sandi ini terlihat sangat rumit sekali, tapi pada kenyataanya untuk membuat atau memecahkan sandi kotak itu sangat mudah. Saking mudahnya sandi kotak ini bisa dipelajari oleh anggota pramuka dengan tingkatan Siaga.

Sandi kotak terdiri dari 3 jenis, Sandi Kotak 1, 2 dan 3. Pertama mari kita bahas sandi kotak 1.

Baca Juga - Tingkatan Pramuka Penegak, Penggalang dan Siaga
 

Sandi Kotak 1

Untuk Sandi Kotak 1 terdiri dari 2 bentuk untuk mengelompokan hurufnya. Pertama kita akan menempatkan huruf A sampai dengan R dalam 2 garis horizontal dan vertikal, dan S sampai dengan Z dalam garis yang berbentuk X, seperti pada gambar dibawah


Bisa kita lihat setiap bidang di isi oleh dua huruf, A dan B, C dan D dan seterusnya. Yang membedakan adalah pemberian titik. Jadi setiap huruf kedua, diatasnya terdapat satu titik.

Lalu bagaimana cara membuat atau memecahkan sandi kota 1 ini? tentu saja mudah, teman hanya perlu menggambar setiap sudut yang tercipta dari bidang pada gambar. Jika hurufnya adalah huruf kedua, maka teman tinggal menggambar bidang dan didalamnya terdapat titik. untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah ini.


Sandi Kotak 2

Untuk membuat dan memecahkannya sama saja dengan Sandi Kotak 1, hanya saja sandi kotak 2 dalam satu bidang terdapat 3 huruf sekalidgus. Sehingga tidak perlu menggambar 2 garis berbentuk X.

Baca Juga Biografi Pencipta Pramuka - Buku Baden Powell, Biodata Singkat, Hari, Istri dan Sejarahnya

Dan satu lagi yang membedakannya yaitu permberian titik diatas huruf. Jadi Di huruf pertama tidak diberikan titik, di huruf kedua diberikan satu titik dan dihuruf ketiga di berikan 3 titik. untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah.


untuk membuatnya sama persis dengan Sandi Kotak 1 tinggal menggambar bidangnya di ikuti titik didalamnya.

Sandi Kotak 3

Di bandingkan dengan 2 sandi kotak sebelumnya, sandi kotak 3 ini sedikit lebih rumit, tapi tetap mudah untuk dipelajari. Pertama kita harus menggambar bidang layang layang sama panjang dan digabungkan dengan 2 garis vertikal dan horizontal untuk penempatan hurufnya silakan lihat pada gambar dibawah ini.


Susah? masa sih? ya udah, dikasih bentuk gambar setiap alfabetnya di bawah, untuk membuatnya sama dengan sandi kotak sebelumnya.


Sekian artikel  " Sandi AN, Kotak, Rumput Dll Sulit ? Mudah, Begini Caranya !! " saya buat, terimakasih :D