Dwi Darma dan Dwi Satya Kode Kehormatan Pramuka Siaga

Dwi Darma dan Dwi Satya Kode Kehormatan Pramuka Siaga - Seperti yang kita ketahui setiap tingkatan pramuka memiliki kode kehormtannya masing-masing. Dan kode kehormatan untuk pramuka tingkatan pramuka siaga disebut Dwi Darma dan Dwi Satya . Dwi Darma dan Dwi Satya ini menjadi patokan untuk berprilaku dikehidupan sehari-hari dan dalam bergaul.


Dwi Satya dan Dwi Darma Pramuka Siaga

Secara harfiah Dwi Darma artinya adalah 2 ketentuan moral yang menjadi pedoman untuk pramuka tingkat siaga. Dengan adanya Dwi Darma yang diucapkan pada setiap pembukaan latihan, diharapkan anggota selalu mengingat dan mengamalkan isi dari dwi darma dalam berprilaku. Berikut adalah teks dari Dwi Darma Pramuka Siaga

baca juga Tingkatan Pramuka Penegak, Penggalang dan Siaga

Dwi Darma

  1. Siaga itu patuh pada ayah dan ibundanya.
  2. Siaga itu berani dan tidak putus asa.
Sedangkan untuk Dwi Satya adalah 2 janji setia pramuka siaga yang diusahakan tidak boleh diingkari. Dwi Satya di ucapkan ketika pelantikan calon anggota. Jika sudah di ucapkan dalam pelantikan secara otomatis menjadi anggota pramuka siaga dan menjadi bagian dari pramuka indonesia dan juga dunia, dengan syarat harus mengamalkan Dwi Darma dan Dwi Satya. berikut adalah isi teks Dwi Satya Pramuka Siaga

Dwi Satya

  1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menurut aturan keluarga
  2. Setiap hari berbuat kebaikan
Baca Juga - Pengertian Dasa Darma Pramuka dan Tri Satya Lengkap

    Contoh Prilaku Dwi Satya dan Dwi Darma Pramuka Siaga

    Dwi Darma Pramuka

    Dalam keseharian anggota pramuka siaga baik itu bertindak, berucap maupun berfikir harus sesuai dengan darmanya yang menjadi acuan dalam berprilaku. berikut adalah contohnya


    1. Tidak melawan kepada orang tua

    ketika kita dimarahi karena kesalahan, jangan melawan karena apa yang dikatakan oleh orang tua adalah yang terbaik untuk kita. Jadi kita harus patuh pada orang tua.

    baca juga Macam Macam Sandi Pramuka Mulai dari Morse sampai Rumput

    2. Berani

    Saat membela yang benar kita harus berani layaknya seorang ksatria, selama itu benar jangan takut. Terus perjuangkan.

    3. Tidak Gampang Menyerah

    Untuk mencapai apa yang kita inginkan pasti banyak rintangan dan cobaan. Untuk menghadapinya kita harus berani seperti poin 2. Putus asa bukanlah sifat seorang pramuka.

    Dwi Satya Pramuka

    Pramuka siaga wajib mengamalkan janjinya yang disebut Dwi Satya. Karena telah mengucapkannya pada saat pelantikan wajib untuk mematuhi dan melaksanakannya dalalm kehidupan sehari-harinya. Berikut adalah contoh pengamalannya.


    1. Menjalankan Perintah Agama

    Seorang siaga dituntut untuk menjalankan ajarannya sesuai kepercayaan masing-masing. Contoh untuk yang beragama islam selalu tepat dalam menjalan sholat lima waktuntya.

    baca juga Tujuan, Fungsi dan 3 Sifat Pramuka Yaitu ...

    2. Mematuhi Peraturan Negara

    Karena pramuka adalah penerus bangsa maka kita harus memantuhi aturan-aturan yang berlaku. Contohnya mematuhi rambu-rambu lalu lintas, tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak fasilitas umum dan lain sebagainya.

    3. Mematuhi aturan Keluarga

    Siaga juga harus mematuhi aturan dalam rumah yang dibuat oleh orangtua, demi kebaikan Anggota siaga tersebut. Misalnya ibu membuat aturan jam 18.00 adalah waktu belajar dan 21.00 adalah waktunya untuk tidur, maka kita harus mematuhinya. Selain itu kita juga harus berinisiatif untuk membantu pekerjaan rumah, seperti mencuci piring, sapu-sapu untuk menjaga kebersihan rumah dan lain sebagainya

    Sekian artikel " Dwi Darma dan Dwi Satya Kode Kehormatan Pramuka Siaga " ini saya buat, Terima kasih.