Arti, Makna Pada Lambang Gerakan Pramuka Indonesia dan Dunia

Arti, Makna Pada Lambang Gerakan Pramuka Indonesia dan Dunia - Sebagai pembuka apakah kalian tahu siapa pencipta Lambang Gerakan Pramuka Indonesia? yupss Soenardjo Atmodipurwo. Kalau Lambang Gerakan Pramuka Dunia? salahh bukan aril noah, tapi penciptanya itu baden powell.

Soenardjo Atmodipurwo adalah salah satu tokoh pramuka di indonesia, selain itu beliau adalah pegawai tinggi di Departemen Pertanian. Sedangkan baden powell dulunya adalah seorang anggota militer yang kemudian mengundurkan diri, untuk biodata lebih lengkapnya bisa dibaca " Buku Baden Powell, Biodata Singkat, Hari, Istri dan Sejarahnya "

Lambang gerakan pramuka adalah tanda atau simbol pengenal organisasi pramuka yang tidak dapat diubah, bisa dikatakan berwujud tetap. Pertama mari kita bahas lambang gerakan pramuka indonesia.
Sejarah Lambang Gerakan Pramuka Indonesia

14 Agustus 1961 adalah hari pertama dimana lambang pramuka ini digunakan. Pada waktu itu Bapak Ir. Soekarno melalui keputusan presiden republik indonesia no 448 tahun 1961, meng anugrahkan panji gerakan pendidikan kepanduan nasional indonesia kepada organisasi gerakan pramuka.

Bentuk Lambang Pramuka


Lambang Gerakan Pramuka terdiri dari sebuah silhouette ( bayangan ) tunas kelapa dan mempunyai arti tersendiri. Berdasarkan ketentuan Kwarnas nomor 06/KN/72 dan data Dirjen Hukum Perundang-undangan departemen kehakiman, semua lambang atau simbol sudah dipatenkan.

Untuk paten silhouette ( bayangan ) ada pada nomor 176634 tanggal 22 oktober 1983. Kemudian untuk paten Gambar Lambang pramuka dengan simbol Tunas Kelapa yang dilingkari Padi dan Kapas berada pada nomor 178518 tanggal 22 oktober 1983. Dan yang terakhir paten tulisan Pramuka dengan nomor 176517 tanggal 22 oktober 1983.

Arti Lambang Gerakan Pramuka Indonesia

Buah Kelapa yang dalam keadaan tumbuh disebut Cikal

Buah kelapa atau nyiur yang dalam pertumbuhan mempuyai makna setiap pramuka adalah unsur penting dalam keberlangsungan hidup negara tercinta kita, Indonesia. Jika secara istilah bisa kita maknai bahwa nyiur yang dalam pertumbuhan ini adalah "cikal bakal" atau generasi baru yang di turunkan oleh masyarakat asli.

Buah Kelapa Mampu Bertahan Lama

Buah kelapa dapat bertahan dalam segala kondisi. Bisa diartikan bahwa seorang pramuka adalah orang yang ulet, rajin dan tidak akan menyerah sampai tujuannya tercapai.

Kelapa Dapat Tumbuh dalam Berbagai Jenis Tanah

arti pada lambang gerakan pramuka ini adalah seorang anggota pramuka dapat dengan cepat beradaptasi dengan linkungan sekitarnya, dengan kondisi apapun.

Baca Juga " Macam Macam Sandi Pramuka Mulai dari Morse sampai Rumput "

Kelapa Tumbuh Menjulang Tinggi

ini menggambarkan bahwa seorang pramuka memiliki cita-cita yang tinggi nan mulia, baik cita-citanya untuk diri sendiri maupun untuk nusa bangsa negara indonesia.

Akar Kelapa Yang Kuat

Arti Akar kelapa sangat kuat pada lambang gerakan pramuka indonesia untuk menopang pohon kelapa yang menjulang tinggi bisa dimknai bahwa seorang pramuka memilik pendirian yang kuat berpegang pada dasar-dasar dalam dasa dharma dan tri satya.

Kelapa Pohon Yang Serbaguna

seperti yang kita tahu bahwa tidak ada bagian yang tidak bisa dimanfaat kan dalam pohon kelapa, semua nya dapat bermanfaat kelapanya yang bisa di makan, pohonnya yang bisa digunakan untuk dijadikan jembatan, daun kelapa yang bisa dijadikan untuk ketupat dan lainnya. ini berarti seorang pramuka adalah orang yang berguna untuk nusa, bangsa dan agamanya.


Penggunaanya

lambang gerakan pramuka dapat digunakan pada bendera, tanda pengenal, alat administrasi gerakan pramuka, panji dan papan nama kwartir. Maksud dari arti pemakaian lambang gerakan pramuka adalah untuk menanamkan sifat seperti pada arti lambang gerakan pramuka yang telah di jelaskan di atas, dengan begitu bisa menjadi pengingat untuk anggota gerakan pramuka.

Anggota muda yang tergabung dalam gerakan pramuka, adalah calon kader pembangunan yang mempunyai jiwa pancasila. Maka dari itu anggota pramuka diharapkan mengamalkan ilmu pengetahuan yang dimiliki kepada masyarakat sekitarnya.

Arti Lambang Gerakan Pramuka Dunia (WOSM)


World Organization of the Scout Movement atau biasa disebut WOSM adalah nama untuk gerakan pramuka dunia. Sehingga lambangnya digunakan diseluruh dunia termasuk indonesia. Penempatan pemasangannya lambang wosm untuk putra di dada sebelah kanan, sedangkan untuk putri di kerah baju sebelah kanan.

Baca Juga " Tingkatan Pramuka Penegak, Penggalang dan Siaga "

Lambang WOSM ini terdiri dari gambar Bunga Lily dengan tiga ujung (treefoil) atau bisa juga di sebut "fleur-de-lis", dua bintang, kompas dan dilingkari tali dengan simpul mati.

Berikut adalah arti dari dari lambang gerakan pramuka dunia ( WOSM )

Kompas

Arti Lambang kompas pada lambang gerakan pramuka dunia diartikan sebagai pengingat kita untuk terus berada pada jalan yang benar, menjadi pribadi yang baik, dapat dipercaya dan untuk menjadi penunjuk orang lain

Treefoil atau Bunga Lily tiga ujung

Lambang ini sebagai pengingat pada 3 janji setia pramuka atau tri satya dan mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga - Pengertian Dasa Darma Pramuka dan Tri Satya Lengkap

Dua Bintang

Arti dari dua bintang pada lambang gerakan pramuka dunia ini dapat diartikan bahwa seorang pramuka diharapkan untuk dapat memberi penerangan dan pertolongan dalam kebaikan dan ilmu pengetahuan.

Tali simpul mati

Tali yang melingkar dengan simpul mati ini artinya semua anggota pramuka dunia adalah saudara. Dan tidak membeda-bedakan baik itu negara asal, bahasa, ras, suku dan agama.

Warna Putih dan Ungu

Warna putih menggambarkan jiwa yang berhati bersih dan suci, dan warna ungu yang menjadi warna dasar diartikan seorang pramuka mempunyai jiwa gotong royong yang tinggi, suka menolong sesama dan memiliki keterampilan kepemimpinan.

Sekian artikel "Arti, Makna Pada Lambang Gerakan Pramuka Indonesia dan Dunia" ini saya buat, terimakasih.

Loading...
Loading...
Loading...