Materi Tingkatan dan Kode Kehormatan Pramuka Penggalang

Materi Tingkatan dan Kode Kehormatan Pramuka Penggalang - Kode kehormatan pramuka penggalang adalah sebuah peraturan dasar yang terdiri dari Norma, Janji dan Nilai yang harus diamalkan oleh anggota pramuka penggalang dalam kehidupan sehari-hari dan menjadi tolak ukur dalam berprilaku.

Kode Kehormatan Pramuka Penggalang berisi janji (Satya Pramuka) dan ketentuan moral (Darma Pramuka). Satya Pramuka Penggalang diucapkan dengan sukarela ketika hari pelantikan menjadi seorang anggota maupun pengurus. Juga digunakan menjadi pengikat diri sendiri demi kehormatan untuk dilaksanakan. Dan dipakai untuk improvisasi atau pengembangan intelektual, sosial, spiritual, fisik dan emosional.

Baca Juga :  Tujuan, Fungsi dan 3 Sifat Pramuka Yaitu ...

Sedangkan Darma Pramuka diterapkan sebagai nilai dasar guna membina juga mengembangkan akhlak mulia. Dan menjadi sistem nilai yang harus diamalkan, dimiliki, dihayati dalam kehidupan sehari-hari anggota pramuka penggalang baik dalam kehidupan pribadi maupun kehidupan bermasyarakat.

Darma pramuka juga menjadi landasan gerak bagi annggota pramuka dalam mencapai tujuan pendidikan pramuka. Kemudian diaplikasikan kedalam sebuah kegiatan pramuka yang mendidik guna anggota pramuka mempunyai sikap demokratis, gotong royong, saling menghormati dan memiliki rasa kebersamaan.

Berikut adalah isi teks


Kode Kehormatan Pramuka Penggalang


Trisatya

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
  1. Mеnjаlаnkаn kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mеngаmаlkаn Pancasila,
  2. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat,
  3. Menepati Dasadarma.

Dasadarma

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
  3. Patriot yang sopan dan kesatria.
  4. Patuh dan suka bermusyawarah.
  5. Rela menolong dan tabah.
  6. Rajin, terampil, dan gembira.
  7. Hemat, cermat, dan bersahaja.
  8. Disiplin, berani, dan setia.
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya.
  10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

Kode Kehormatan Pramuka Penggalang diatas harus dipatuhi oleh semua tingkatan pramuka penggalang. Mulai dari Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap dan Penggalang Garuda. Di bawah adalah penjelasan setiap pramuka penggalang.

Baca Juga Daftar Buku Penemu Pramuka - Buku Baden Powell, Biodata Singkat, Hari, Istri dan Sejarahnya


Tingkatan Pramuka Penggalang


Pramuka Penggalang Ramu

Ramu mempunyai makna "Kumpul", dan mengandung filosofi ketika Pramuka Penggalang berusaha untuk menyelesaikan SKU Pramuka penggalang untuk menuju tingkatan ramu. Diibaratkan seperti sebuah komponen yang belum matang, masih terpisah-pisah, berdiri sendiri dan manfaat dalam pramukanya belum maksimal.

Sehingga disatukanlah mereka menjadi satu kesatuan yang utuh, lengkap dan pemanfaatan dalam kebutuhan pramuka menjadi maksimal. Pada Tingkatan ini anggota ramu diwajibkan hafal Kode Kehormatan Pramuka Penggalang.

Baca Juga - Pengertian Dasa Darma Pramuka dan Tri Satya Lengkap

Pramuka Penggalang Rakit

Tingakatan rakit adalah tingkatan dimana, anggota pramuka penggalang harus sudah bisa membedakan dan memilah hal yang temuinya apakah baik atau buruk. Pada tingkatan rakit, adalah waktu yang tepat untuk mencari pengetahuan yang baik dan tentunya bermanfaat untuk kehidupanya pribadi. Pada Tingkatan ini anggota rakit diharapkan untuk mengaplikasikan Kode Kehormatan
Pramuka Penggalang.

Pramuka Penggalang Terap

Penggalang terap adalah tingkatan paling tinggi, dan menjadi tingkatan terakhir dalam materi syarat-syarat kecakapan umum. Pada masa ini anggota pramuka diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah di ramu yang kemudian dirakit pada tingkatan sebelumnya dan mematuhi Kode Kehormatan Pramuka Penggalang. Sehingga berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga - Download Paduan Suara Mars Jayalah Pramuka Penggalang + Lirik

Pramuka Penggalang Garuda

Pramuka penggalang garuda adalah tingkatan paling tinggi dalam semua golongan, baik itu Siaga, Penggalang, Penegak maupun Pandega. Untuk mencapai tingkatan ini seorang penggalang harus lulus terlebih dahulu pada tingkatan Terap.

Jika dirasa sudah memenuhi persyaratan maka dapat mengajukan untuk dilantik kepada kwartir melalui gudepnya. Dan kemudian di evaluasi atau di interview. Jika dianggap memenuhi persyaratan saat tes wawancara dan tes kecakapan calon pramuka garuda akan dilantik. Biasanya pelantikan dilaksanakan berbarengan dengan hari yang bermakna khusus. contohnnya hari pramuka atau hari ulang tahun.

sekian artikel " Materi Tingkatan dan Kode Kehormatan Pramuka Penggalang " saya buat terima kasih